Rabu, 04 Desember 2013

Puisi-Puisi W.S. Rendra

SAJAK POTRET KELUARGA
Oleh : 
W.S. Rendra
 
        Tanggal lima belas tahun rembulan. 
        Wajah molek bersolek di angkasa. 
        Kemarau dingin jalan berdebu. 
        Ular yang lewat dipagut naga. 
        Burung tekukur terpisah dari sarangnya. 
Kepada rekannya berkatalah suami itu : 
“Semuanya akan beres. Pasti beres. 
Mengeluhkan keadaan tak ada gunanya. 
Kesukaran selalu ada. 
Itulah namanya kehidupan. 
Apa yang kita punya sudah lumayan. 
Asal keluarga sudah terjaga, 
rumah dan mobil juga ada, 
apa palgi yang diruwetkan ? 
Anak-anak dengan tertib aku sekolahkan. 
Yang putri di SLA, yang putra mahasiswa. 
Di rumah ada TV, anggrek, 
air conditioning, dan juga agama. 
Inilah kesejahteraan yang harus dibina. 
Kita mesti santai. 
Hanya orang edan sengaja mencari kesukaran. 
Memprotes keadaaan, tidak membawa perubahan. 
Salah-salah malah hilang jabatan.” 
………
        Tanggal lima belas tahun rembulan 
        Angin kemarau tergantung di blimbing berkembang. 
        Malam disambut suara halus dalam rumputan. 
        Anjing menjenguk keranjang sampah. 
        Kucing berjalan di bubungan atap. 
        Dan ketonggeng menunggu di bawah batu. 
Isri itu duduk di muka kaca dan berkata : 
“Hari-hari mengalir seperti sungai arak. 
Udara penuh asap candu. 
Tak ada yang jelas di dalam kehidupan. 
Peristiwa melayang-layang bagaikan bayangan. 
Tak ada yang bisa diambil pegangan. 
Suamiku asyik dengan mobilnya 
padahal hidupnya penuh utang. 
Semakin kaya semakin banyak pula utangnya. 
Uang sekolah anak-anak selalu lambat dibayar. 
Ya, Tuhan, apa yang terjadi pada anak-anakku. 
Apakah jaminan pendidikannya ? 
Ah, Suamiku ! 
Dahulu ketika remaja hidupnya sederhana, 
pikirannya jelas pula. 
Tetapi kini serba tidak kebenaran. 
Setiap barang membuatnya berengsek. 
Padahal harganya mahal semua. 
TV Selalu dibongkar. 
Gambar yang sudah jelas juga masih dibenar-benarkan. 
Akhirnya tertidur……. 
Sementara TV-nya membuat kegaduhan. 
Tak ada lagi yang bisa menghiburnya. 
Gampang marah soal mobil 
Gampang pula kambuh bludreknya 
Makanan dengan cermat dijaga 
malahan kena sakit gula. 
Akulah yang selalu kena luapan. 
Ia marah karena tak berdaya. 
Ia menyembunyikan kegagalam. 
Ia hanyut di dalam kemajuan zaman. 
Tidak gagah. Tidak berdaya melawannya !” 
…...................................... 
            Tanggal lima belas tahun rembulan. 
            Tujuh unggas tidur di pohon nangka 
            Sedang di tanah ular mencari mangsa. 
            Berdesir-desir bunyi kali dikejauhan. 
            Di tebing yang landai tidurlah buaya. 
            Di antara batu-batu dua ketam bersenggama. 
Sang Putri yang di SLA, berkata : 
“Kawinilah aku. Buat aku mengandung. 
Bawalah aku pergi. Jadikanlah aku babu. 
Aku membenci duniaku ini. 
Semuanya serba salah, setiap orang gampang marah. 
Ayah gampang marah lantaran mobil dan TV 
Ibu gampang marah lantaran tak berani marah kepada ayah. 
Suasana tegang di dalam rumah 
meskipun rapi perabotannya. 
Aku yakin keluargaku mencintaiku. 
Tetapi semuanya ini untuk apa ? 
Untuk apa hidup keluargaku ini ? 
Apakah ayah hidup untuk mobil dan TV ? 
Apakah ibu hidup karena tak punya pilihan ? 
Dan aku ? Apa jadinya aku nanti ? 
Tiga belas tahun aku belajar di sekolah. 
Tetapi belum juga mampu berdiri sendiri. 
Untuk apakah kehidupan kami ini ? 
Untuk makan ? Untuk baca komik ? 
Untuk apa ? 
Akhirnya mendorong untuk tidak berbuat apa-apa ! 
Kemacetan mencengkeram hidup kami. 
Kakasihku, temanilah aku merampok Bank. 
Pujaanku, suntikkan morpin ini ke urat darah di tetekku “ 
……….................................... 
Tanggal lima belas tahun rembulan. 
Atap-atap rumah nampak jelas bentuknya 
di bawah cahaya bulan. 
Sumur yang sunyi menonjol di bawah dahan. 
Akar bambu bercahaya pospor. 
Keleawar terbang menyambar-nyambar. 
Seekor kadal menangkap belalang. 
Sang Putra, yang mahasiswa, menulis surat dimejanya : 
“ Ayah dan ibu yang terhormat, 
aku pergi meninggalkan rumah ini. 
Cinta kasih cukup aku dapatkan. 
Tetapi aku menolak cara hidup ayah dan ibu. 
Ya, aku menolak untuk mendewakan harta. 
Aku menolak untuk mengejar kemewahan, 
tetapi kehilangan kesejahteraan. 
Bahkan kemewahan yang ayah punya 
tidak juga berarti kemakmuran. 
Ayah berkata : “santai, santai ! “ 
tetapi sebenarnya ayah hanyut 
dibawa arus jorok keadaan 
Ayah hanya punya kelas, 
tetapi tidak punya kehormatan. 
Kenapa ayah berhak mendapatkan kemewahan yang sekarang ayah miliki ini? 
Hasil dari bekerja ? Bekerja apa ? 
Apakh produksi dan jasa seorang birokrat yang korupsi ? 
Seorang petani lebih produktip daripada ayah. 
Seorang buruh lebih punya jasa yang nyata. 
Ayah hanya bisa membuat peraturan. 
Ayah hanya bisa tunduk pada atasan. 
Ayah hanya bisa mendukung peraturan yang memisahkan rakyat dari penguasa. 
Ayah tidak produktip melainkan destruktip. 
Namun toh ayah mendapat gaji besar ! 
Apakah ayah pernah memprotes ketidakadilan ? 
tidak pernah, bukan ? 
Terlalu beresiko, bukan ? 
Apakah aku harus mencontoh ayah ? 
Sikap hidup ayah adalah pendidikan buruk bagi jiwaku. 
Ayah dan ibu, selamat tinggal. 
Daya hidupku menolak untuk tidak berdaya. “
Yogya, 10 Juli 1975. 
Potret Pembangunan dalam Puisi
 
SAJAK PULAU BALI
Oleh : 
W.S. Rendra
 
            Sebab percaya akan keampuhan  industri 
            dan yakin bisa memupuk modal nasional 
            dari kesenian dan keindahan alam, 
            maka Bali menjadi obyek pariwisata. 
            Betapapun : 
            tanpa basa-basi keyakinan seperti itu, 
            Bali harus dibuka untuk pariwisata. 
            Sebab : 
            pesawat-pesawat terbang jet sudah dibikin, 
            dan maskapai penerbangan harus berjalan. 
            Harus ada orang-orang untuk diangkut. 
            Harus diciptakan tempat tujuan untuk dijual. 
            Dan waktu senggang manusia, 
            serta masa berlibur untuk keluarga, 
            harus bisa direbut oleh maskapai 
            untuk diindustrikan. 
            Dan Bali, 
            dengan segenap kesenian, 
            kebudayaan, dan alamnya, 
            harus bisa diringkaskan, 
            untuk dibungkus dalam kertas kado, 
            dan disuguhkan pada pelancong. 
            Pesawat terbang jet di tepi rimba Brazilia, 
            di muka perkemahan kaum Badui, 
            di sisi mana pun yang tak terduga, 
            lebih mendadak dari mimpi, 
            merupakan kejutan kebudayaan. 
            Inilah satu kekuasaan baru. 
            Begitu cepat hingga kita terkesiap. 
            Begitu lihai sehingga kita terkesima. 
            Dan sementara kita bengong, 
            pesawat terbang jet yang muncul dari mimipi, 
            membawa bentuk kekuatan modalnya : 
            lapangan terbang. “hotel - bistik - dan - coca cola”, 
            jalan raya, dan para pelancong. 
            “Oh, look, honey - dear ! 
            Lihat orang-orang pribumi itu! 
            Mereka memanjat pohon kelapa seperti kera. 
            Fantastic ! Kita harus memotretnya ! 
            ................................ 
            Awas ! Jangan dijabat tangannya ! 
            senyum saja and say hello. 
            You see, tangannya kotor 
            Siapa tahu ada telor cacing di situ. 
            ……………………. 
            My God, alangkah murninya mereka. 
            Ia tidak menutupi teteknya ! 
            Look, John, ini benar-benar tetek. 
            Lihat yang ini ! O, sempurna ! 
            Mereka bebas dan spontan. 
            Aku ingin seperti mereka….. 
            Eh, maksudku….. 
            Okey ! Okey !….Ini hanya pengandaian saja. 
            Aku tahu kamu melarang aku tanpa beha. 
            Look, now, John, jangan cemberut ! 
            Berdirilah di sampingnya, 
            aku potret di sini. 
            Ah ! Fabolous !” 
            Dan Bank Dunia 
            selalu tertarik membantu negara miskin 
            untuk membuat proyek raksasa. 
            Artinya : yang 90 % dari bahannya harus diimpor. 
            Dan kemajuan kita 
            adalah kemajuan budak 
            atau kemajuan penyalur dan pemakai. 
            Maka di Bali 
            hotel-hotel pribumi bangkrut 
            digencet oleh packaged tour. 
            Kebudayaan rakyat ternoda 
            digencet standar dagang internasional. 
            Tari-tarian bukan lagi satu mantra, 
            tetapi hanya sekedar tontonan hiburan. 
            Pahatan dan ukiran  bukan lagi ungkapan jiwa, 
            tetapi hanya sekedar kerajinan tangan. 
            Hidup dikuasai kehendak manusia, 
            tanpa menyimak jalannya alam. 
            Kekuasaan kemauan manusia, 
            yang dilembagakan dengan kuat, 
            tidak mengacuhkan naluri ginjal, 
            hati, empedu, sungai, dan hutan. 
            Di Bali : 
            pantai, gunung, tempat tidur dan pura, 
            telah dicemarkan
            Pejambon, 23 Juni 1977. 
            Potret Pembangunan dalam Puisi
 
SAJAK S L A
Oleh : 
W.S. Rendra
 
    Murid-murid mengobel klentit ibu gurunya 
    Bagaimana itu mungkin ? 
    Itu mungkin. 
    Karena tidak ada patokan untuk apa saja. 
    Semua boleh. Semua tidak boleh. 
    Tergantung pada cuaca. 
    Tergantung pada amarah dan girangnya sang raja. 
    Tergantung pada kuku-kuku garuda dalam mengatur kata-kata. 
    Ibu guru perlu sepeda motor dari Jepang. 
    Ibu guru ingin hiburan dan cahaya. 
    Ibu guru ingin atap rumahnya tidak bocor. 
    Dan juga ingin jaminan pil penenang, 
    tonikum-tonikum dan obat perangsang yang dianjurkan oleh dokter. 
    Maka berkatalah ia 
    Kepada orang tua murid-muridnya : 
    “Kita bisa mengubah keadaan. 
    Anak-anak akan lulus ujian kelasnya, 
    terpandang di antara tetangga, 
    boleh dibanggakan pada kakak mereka. 
    Soalnya adalah kerjasama antara kita. 
    Jangan sampai kerjaku terganggu, 
    karna atap bocor.” 
    Dan papa-papa semua senang. 
    Di pegang-pegang tangan ibu guru, 
    dimasukan uang ke dalam genggaman, 
    serta sambil lalu, 
    di dalam suasana persahabatan, 
    teteknya disinggung dengan siku. 
    Demikianlah murid-murid mengintip semua ini. 
    Inilah ajaran tentang perundingan, 
    perdamaian, dan santainya kehidupan. 
    Ibu guru berkata : 
    “Kemajuan akan berjalan dengan lancar. 
    Kita harus menguasai mesin industri. 
    Kita harus maju seperti Jerman, 
    Jepang, Amerika. 
    Sekarang, keluarkanlah daftar logaritma.” 
    Murid-murid tertawa, 
    dan mengeluarkan rokok mereka. 
    “Karena mengingat kesopanan, 
    jangan kalian merokok. 
    Kelas adalah ruangbelajar. 
    Dan sekarang : daftar logaritma !” 
    Murid-murid tertawa dan berkata : 
    “Kami tidak suka daftar logaritma. 
    Tidak ada gunanya !” 
    “kalian tidak ingin maju ?” 
    “Kemajuan bukan soal logaritma. 
    Kemajuan adalah soal perundingan.” 
    “Jadi apa yang kaian inginkan ?” 
    “Kami tidak ingin apa-apa. 
    Kami sudah punya semuanya.” 
    “Kalian mengacau !” 
    “Kami tidak mengacau. 
    Kami tidak berpolitik. 
    Kami merokok dengan santai. 
    Sperti ayah-ayah kami di kantor mereka : 
    santai, tanpa politik 
    berunding dengan Cina 
    berunding dengan Jepang 
    menciptakan suasana girang. 
    Dan di saat ada pemilu, 
    kami membantu keamanan, 
    meredakan partai-partai.” 
    Murid-murid tertawa. 
    Mereka menguasai perundingan. 
    Ahli lobbying. 
    Faham akan gelagat. 
    Pandai mengikuti keadaan. 
    Mereka duduk di kantin, 
    minum sitrun, 
    menghindari ulangan sejarah. 
    Mereka tertidur di bangku kelas, 
    yang telah mereka bayar sama mahal 
    seperti sewa kamar di hotel. 
    Sekolah adalah pergaulan, 
    yang ditentukan oleh mode, 
    dijiwai oleh impian kemajuan menurut iklan. 
    Dan bila ibu guru berkata : 
    “Keluarkan daftar logaritma !” 
    Murid-murid tertawa. 
    Dan di dalam suasana persahabatan, 
    mereka mengobel ibu guru mereka.
                    Yogya, 22 Juni 1977. 
                    Potret Pembangunan dalam Puisi

SAJAK SEBATANG LISONG
Oleh : 
W.S. Rendra
 
            Menghisap sebatang lisong 
            melihat Indonesia Raya, 
            mendengar 130 juta rakyat, 
            dan di langit 
            dua tiga cukong mengangkang, 
            berak di atas kepala mereka 
            Matahari terbit. 
            Fajar tiba. 
            Dan aku melihat delapan juta kanak-kanak 
            tanpa pendidikan. 
            Aku bertanya, 
            tetapi pertanyaan-pertanyaanku 
            membentur meja kekuasaan yang macet, 
            dan papantulis-papantulis para pendidik 
            yang terlepas dari persoalan kehidupan. 
            Delapan juta kanak-kanak 
            menghadapi satu jalan panjang, 
            tanpa pilihan, 
            tanpa pepohonan, 
            tanpa dangau persinggahan, 
            tanpa ada bayangan ujungnya. 
            ………………… 
            Menghisap udara 
            yang disemprot deodorant, 
            aku melihat sarjana-sarjana menganggur 
            berpeluh di jalan raya; 
            aku melihat wanita bunting 
            antri uang pensiun. 
            Dan di langit; 
            para tekhnokrat berkata : 
            bahwa bangsa kita adalah malas, 
            bahwa bangsa mesti dibangun; 
            mesti di-up-grade 
            disesuaikan dengan teknologi yang diimpor 
            Gunung-gunung menjulang. 
            Langit pesta warna di dalam senjakala 
            Dan aku melihat 
            protes-protes yang terpendam, 
            terhimpit di bawah tilam. 
            Aku bertanya, 
            tetapi pertanyaanku 
            membentur jidat penyair-penyair salon, 
            yang bersajak tentang anggur dan rembulan, 
            sementara ketidakadilan terjadi di sampingnya 
            dan delapan juta kanak-kanak tanpa pendidikan 
            termangu-mangu di kaki dewi kesenian. 
            Bunga-bunga bangsa tahun depan 
            berkunang-kunang pandang matanya, 
            di bawah iklan berlampu neon, 
            Berjuta-juta harapan ibu dan bapak 
            menjadi gemalau suara yang kacau, 
            menjadi karang di bawah muka samodra. 
            ……………… 
            Kita harus berhenti membeli rumus-rumus asing. 
            Diktat-diktat hanya boleh memberi metode, 
            tetapi kita sendiri mesti merumuskan keadaan. 
            Kita mesti keluar ke jalan raya, 
            keluar ke desa-desa, 
            mencatat sendiri semua gejala, 
            dan menghayati persoalan yang nyata. 
            Inilah sajakku 
            Pamplet masa darurat. 
            Apakah artinya kesenian, 
            bila terpisah dari derita lingkungan. 
            Apakah artinya berpikir, 
            bila terpisah dari masalah kehidupan. 
19 Agustus 1977 
ITB Bandung 
Potret Pembangunan dalam Puisi

Sajak ini dipersembahkan kepada para mahasiswa Institut Teknologi Bandung, dan dibacakan di dalam salah satu adegan film “Yang Muda Yang Bercinta”, yang disutradarai oleh Sumandjaya. 
SAJAK SEBOTOL BIR
Oleh : 
W.S. Rendra
 
    Menenggak bir sebotol, 
    menatap dunia, 
    dan melihat orang-orang kelaparan. 
    Membakar dupa, 
    mencium bumi, 
    dan mendengar derap huru-hara. 
    Hiburan kota besar dalam semalam, 
    sama dengan biaya pembangunan sepuluh desa ! 
    Peradaban apakah yang kita pertahankan ? 
    Mengapa kita membangun kota metropolitan ? 
    dan alpa terhadap peradaban di desa ? 
    Kenapa pembangunan menjurus kepada penumpukan, 
    dan tidak kepada pengedaran ? 
    Kota metropolitan di sini tidak tumbuh dari industri, 
    Tapi tumbuh dari kebutuhan negara industri asing 
     akan pasaran dan sumber pengadaan bahan alam 
    Kota metropolitan di sini, 
    adalah sarana penumpukan bagi Eropa, Jepang, Cina, Amerika, 
     Australia, dan negara industri lainnya. 
    Dimanakah jalan lalu lintas yang dulu ? 
    Yang neghubungkan desa-desa dengan desa-desa ? 
    Kini telah terlantarkan. 
    Menjadi selokan atau kubangan. 
    Jalanlalu lintas masa kini, 
    mewarisi pola rencana penjajah tempo dulu, 
    adalah alat penyaluran barang-barang asing dari 
     pelabuhan ke kabupaten-kabupaten dan 
     bahan alam dari kabupaten-kabupaten ke pelabuhan. 
    Jalan lalu lintas yang diciptakan khusus, 
    tidak untuk petani, 
    tetapi untuk pedagang perantara dan cukong-cukong. 
    Kini hanyut di dalam arus peradaban yang tidak kita kuasai. 
    Di mana kita hanya mampu berak dan makan, 
    tanpa ada daya untuk menciptakan. 
    Apakah kita akan berhenti saampai di sini ? 
    Apakah semua negara yang ingin maju harus menjadi negara industri ? 
    Apakah kita bermimpi untuk punya pabrik-pabrik 
    yang tidak berhenti-hentinya menghasilkan…….. 
    harus senantiasa menghasilkan…. 
    Dan akhirnya memaksa negara lain 
    untuk menjadi pasaran barang-barang kita ? 
    ……………………………. 
    Apakah pilihan lain dari industri hanya pariwisata ? 
    Apakah pemikiran ekonomi kita 
    hanya menetek pada komunisme dan kapitalisme ? 
    Kenapa lingkungan kita sendiri tidak dikira ? 
    Apakah kita akan hanyut saja 
    di dalam kekuatan penumpukan 
    yang menyebarkan pencemaran dan penggerogosan 
    terhadap alam di luar dan alam di dalam diri manusia ? 
    ………………………………. 
    Kita telah dikuasai satu mimpi 
    untuk menjadi orang lain. 
    Kita telah menjadi asing 
    di tanah leluhur sendiri. 
    Orang-orang desa blingsatan, mengejar mimpi, 
    dan menghamba ke Jakarta. 
    Orang-orang Jakarta blingsatan, mengejar mimpi 
    dan menghamba kepada Jepang, 
    Eropa, atau Amerika.
    Pejambon, 23 Juni 1977 
    Potret Pembangunan dalam Puisi
 
SAJAK SEONGGOK JAGUNG
Oleh : 
W.S. Rendra
 
            Seonggok jagung di kamar 
            dan seorang pemuda 
            yang kurang sekolahan. 
            Memandang jagung itu, 
            sang pemuda melihat ladang; 
            ia melihat petani; 
            ia melihat panen; 
            dan suatu hari subuh, 
            para wanita dengan gendongan 
            pergi ke pasar ……….. 
            Dan ia juga melihat 
            suatu pagi hari 
            di dekat sumur 
            gadis-gadis bercanda 
            sambil menumbuk jagung 
            menjadi maisena. 
            Sedang di dalam dapur 
            tungku-tungku menyala. 
            Di dalam udara murni 
            tercium kuwe jagung 
            Seonggok jagung di kamar 
            dan seorang pemuda. 
            Ia siap menggarap jagung 
            Ia melihat kemungkinan 
            otak dan tangan 
            siap bekerja 
            Tetapi ini : 
            Seonggok jagung di kamar 
            dan seorang pemuda tamat SLA 
            Tak ada uang, tak bisa menjadi mahasiswa. 
            Hanya ada seonggok jagung di kamarnya. 
            Ia memandang jagung itu 
            dan ia melihat dirinya terlunta-lunta . 
            Ia melihat dirinya ditendang dari diskotik. 
            Ia melihat sepasang sepatu kenes di balik etalase. 
            Ia melihat saingannya naik sepeda motor. 
            Ia melihat nomor-nomor lotre. 
            Ia melihat dirinya sendiri miskin dan gagal. 
            Seonggok jagung di kamar 
            tidak menyangkut pada akal, 
            tidak akan menolongnya. 
            Seonggok jagung di kamar 
            tak akan menolong seorang pemuda 
            yang pandangan hidupnya berasal dari buku, 
            dan tidak dari kehidupan. 
            Yang tidak terlatih dalam metode, 
            dan hanya penuh hafalan kesimpulan, 
            yang hanya terlatih sebagai pemakai, 
            tetapi kurang latihan bebas berkarya. 
            Pendidikan telah memisahkannya dari kehidupan. 
            Aku bertanya : 
            Apakah gunanya pendidikan 
            bila hanya akan membuat seseorang menjadi asing 
            di tengah kenyataan persoalannya ? 
            Apakah gunanya pendidikan 
            bila hanya mendorong seseorang 
            menjadi layang-layang di ibukota 
            kikuk pulang ke daerahnya ? 
            Apakah gunanya seseorang 
            belajat filsafat, sastra, teknologi, ilmu kedokteran, 
            atau apa saja, 
            bila pada akhirnya, 
            ketika ia pulang ke daerahnya, lalu berkata : 
            “ Di sini aku merasa asing dan sepi !”
                    Tim, 12 Juli 1975 
                    Potret Pembangunan dalam Puisi

SAJAK SEORANG TUA DI BAWAH POHON
Oleh : 
W.S. Rendra
 
    Inilah sajakku, 
    seorang tua yang berdiri di bawah pohon meranggas, 
    dengan kedua tangan kugendong di belakang, 
    dan rokok kretek yang padam di mulutku. 
    Aku memandang zaman. 
    Aku melihat gambaran ekonomi 
    di etalase toko yang penuh merk asing, 
    dan jalan-jalan bobrok antar desa 
    yang tidak memungkinkan pergaulan. 
    Aku melihat penggarongan dan pembusukan. 
    Aku meludah di atas tanah. 
    Aku berdiri di muka kantor polisi. 
    Aku melihat wajah berdarah seorang demonstran. 
    Aku melihat kekerasan tanpa undang-undang. 
    Dan sebatang jalan panjang, 
    punuh debu, 
    penuh kucing-kucing liar, 
    penuh anak-anak berkudis, 
    penuh serdadu-serdadu yang jelek dan menakutkan. 
    Aku berjalan menempuh matahari, 
    menyusuri jalan sejarah pembangunan, 
    yang kotor dan penuh penipuan. 
    Aku mendengar orang berkata : 
    "Hak asasi manusia tidak sama dimana-mana. 
    Di sini, demi iklim pembangunan yang baik, 
    kemerdekaan berpolitik harus dibatasi. 
    Mengatasi kemiskinan 
    meminta pengorbanan sedikit hak asasi" 
    Astaga, tahi kerbo apa ini ! 
    Apa disangka kentut bisa mengganti rasa keadilan ? 
    Di negeri ini hak asasi dikurangi, 
    justru untuk membela yang mapan dan kaya. 
    Buruh, tani, nelayan, wartawan, dan mahasiswa, 
    dibikin tak berdaya. 
    O, kepalsuan yang diberhalakan, 
    berapa jauh akan bisa kaulawan kenyataan kehidupan. 
    Aku mendengar bising kendaraan. 
    Aku mendengar pengadilan sandiwara. 
    Aku mendengar warta berita. 
    Ada gerilya kota merajalela di Eropa. 
    Seorang cukong bekas kaki tangan fasis, 
    seorang yang gigih, melawan buruh, 
    telah diculik dan dibunuh, 
    oleh golongan orang-orang yang marah. 
    Aku menatap senjakala di pelabuhan. 
    Kakiku ngilu, 
    dan rokok di mulutku padam lagi. 
    Aku melihat darah di langit. 
    Ya ! Ya ! Kekerasan mulai mempesona orang. 
    Yang kuasa serba menekan. 
    Yang marah mulai mengeluarkan senjata. 
    Bajingan dilawan secara bajingan. 
    Ya ! Inilah kini kemungkinan yang mulai menggoda orang. 
    Bila pengadilan tidak menindak bajingan resmi, 
    maka bajingan jalanan yang akan diadili. 
    Lalu apa kata nurani kemanusiaan ? 
    Siapakah yang menciptakan keadaan darurat ini ? 
    Apakah orang harus meneladan tingkah laku bajingan resmi ? 
    Bila tidak, kenapa bajingan resmi tidak ditindak ? 
    Apakah kata nurani kemanusiaan ? 
    O, Senjakala yang menyala ! 
    Singkat tapi menggetarkan hati ! 
    Lalu sebentar lagi orang akan mencari bulan dan bintang-bintang ! 
    O, gambaran-gambaran yang fana ! 
    Kerna langit di badan yang tidak berhawa, 
    dan langit di luar dilabur bias senjakala, 
    maka nurani dibius tipudaya. 
    Ya ! Ya ! Akulah seorang tua ! 
    Yang capek tapi belum menyerah pada mati. 
    Kini aku berdiri di perempatan jalan. 
    Aku merasa tubuhku sudah menjadi anjing. 
    Tetapi jiwaku mencoba menulis sajak. 
    Sebagai seorang manusia. 
        Pejambon, 23 Oktober 1977 
        Potret Pembangunan dalam Puisi
 
SAJAK SEORANG TUA TENTANG BANDUNG LAUTAN API 
Oleh : 
W.S. Rendra
 
       Bagaimana mungkin kita bernegara 
       Bila tidak mampu mempertahankan wilayahnya 
       Bagaimana mungkin kita berbangsa 
       Bila tidak mampu mempertahankan kepastian hidup 
       bersama ? 
       Itulah sebabnya 
       Kami tidak ikhlas 
       menyerahkan Bandung kepada tentara Inggris 
       dan akhirnya kami bumi hanguskan kota tercinta itu 
       sehingga menjadi lautan api 
       Kini batinku kembali mengenang 
       udara panas yang bergetar dan menggelombang, 
       bau asap, bau keringat 
       suara ledakan dipantulkan mega yang jingga, dan kaki 
       langit berwarna kesumba 
       Kami berlaga 
       memperjuangkan kelayakan hidup umat manusia. 
       Kedaulatan hidup bersama adalah sumber keadilan merata 
       yang bisa dialami dengan nyata 
       Mana mungkin itu bisa terjadi 
       di dalam penindasan dan penjajahan 
       Manusia mana 
       Akan membiarkan keturunannya hidup 
       tanpa jaminan kepastian ? 
       Hidup yang disyukuri adalah hidup yang diolah 
       Hidup yang diperkembangkan 
       dan hidup yang dipertahankan 
       Itulah sebabnya kami melawan penindasan 
       Kota Bandung berkobar menyala-nyala tapi kedaulatan 
       bangsa tetap terjaga 
       Kini aku sudah tua 
       Aku terjaga dari tidurku 
       di tengah malam di pegunungan 
       Bau apakah yang tercium olehku ? 
       Apakah ini bau asam medan laga tempo dulu 
       yang dibawa oleh mimpi kepadaku ? 
       Ataukah ini bau limbah pencemaran ? 
       Gemuruh apakah yang aku dengar ini ? 
       Apakah ini deru perjuangan masa silam 
       di tanah periangan ? 
       Ataukah gaduh hidup yang rusuh 
       karena dikhianati dewa keadilan. 
       Aku terkesiap. Sukmaku gagap. Apakah aku 
       dibangunkan oleh mimpi ? 
       Apakah aku tersentak 
       Oleh satu isyarat kehidupan ? 
       Di dalam kesunyian malam 
       Aku menyeru-nyeru kamu, putera-puteriku ! 
       Apakah yang terjadi ? 
       Darah teman-temanku 
       Telah tumpah di Sukakarsa 
       Di Dayeuh Kolot 
       Di Kiara Condong 
       Di setiap jejak medan laga. Kini 
       Kami tersentak, 
       Terbangun bersama. 
       Putera-puteriku, apakah yang terjadi? 
       Apakah kamu bisa menjawab pertanyaan kami ? 
       Wahai teman-teman seperjuanganku yang dulu, 
       Apakah kita masih sama-sama setia 
       Membela keadilan hidup bersama 
       Manusia dari setiap angkatan bangsa 
       Akan mengalami saat tiba-tiba terjaga 
       Tersentak dalam kesendirian malam yang sunyi 
       Dan menghadapi pertanyaan jaman : 
       Apakah yang terjadi ? 
       Apakah yang telah kamu lakukan ? 
       Apakah yang sedang kamu lakukan ? 
       Dan, ya, hidup kita yang fana akan mempunyai makna 
       Dari jawaban yang kita berikan.
                  Sajak-sajak : Rendra, Sutardji Calzoum Bachri 
                    pada Hari Kebangkitan Nasional 1990
 
SAJAK SEORANG TUA UNTUK ISTERINYA 
Aku tulis sajak ini 
untuk menghibur hatimu 
Sementara kau kenangkan encokmu 
kenangkanlah pula masa remaja kita yang gemilang 
Dan juga masa depan kita 
yang hampir rampung 
dan dengan lega akan kita lunaskan. 
Kita tidaklah sendiri 
dan terasing dengan nasib kita 
Kerna soalnya adalah hukum sejarah kehidupan. 
Suka duka kita bukanlah istimewa 
kerna setiap orang mengalaminya. 
Hidup tidaklah untuk mengeluh dan mengaduh 
Hidup adalah untuk mengolah hidup 
bekerja membalik tanah 
memasuki rahasia langit dan samodra, 
serta mencipta dan mengukir dunia. 
Kita menyandang tugas, 
kerna tugas adalah tugas. 
Bukannya demi sorga atau neraka. 
Tetapi demi kehormatan seorang manusia. 
Kerna sesungguhnyalah kita bukan debu 
meski kita telah reyot, tua renta dan kelabu. 
Kita adalah kepribadian 
dan harga kita adalah kehormatan kita. 
Tolehlah lagi ke belakang 
ke masa silam yang tak seorangpun kuasa menghapusnya. 
Lihatlah betapa tahun-tahun kita penuh warna. 
Sembilan puluh tahun yang dibelai napas kita. 
Sembilan puluh tahun yang selalu bangkit 
melewatkan tahun-tahun lama yang porak poranda. 
Dan kenangkanlah pula 
bagaimana kita dahulu tersenyum senantiasa 
menghadapi langit dan bumi, dan juga nasib kita. 
Kita tersenyum bukanlah kerna bersandiwara. 
Bukan kerna senyuman adalah suatu kedok. 
Tetapi kerna senyuman adalah suatu sikap. 
Sikap kita untuk Tuhan, manusia sesama, 
nasib, dan kehidupan. 
Lihatlah! Sembilan puluh tahun penuh warna 
Kenangkanlah bahwa kita telah selalu menolak menjadi koma. 
Kita menjadi goyah dan bongkok 
kerna usia nampaknya lebih kuat dari kita 
tetapi bukan kerna kita telah terkalahkan. 
Aku tulis sajak ini 
untuk menghibur hatimu 
Sementara kaukenangkan encokmu 
kenangkanlah pula 
bahwa kita ditantang seratus dewa. 
WS. Rendra, Sajak-sajak sepatu tua,1972 

SAJAK TANGAN
Oleh : 
W.S. Rendra
 
                Inilah tangan seorang mahasiswa, 
                tingkat sarjana muda. 
                Tanganku. Astaga. 
                Tanganku menggapai, 
                yang terpegang anderox hostes berumbai, 
                Aku bego. Tanganku lunglai. 
                Tanganku mengetuk pintu, 
                tak ada jawaban. 
                Aku tendang pintu, 
                pintu terbuka. 
                Di balik pintu ada lagi pintu. 
                Dan selalu : 
                ada tulisan jam bicara 
                yang singkat batasnya. 
                Aku masukkan tangan-tanganku ke celana 
                dan aku keluar mengembara. 
                Aku ditelan Indonesia Raya. 
                Tangan di dalam kehidupan 
                muncul di depanku. 
                Tanganku aku sodorkan. 
                Nampak asing di antara tangan beribu. 
                Aku bimbang akan masa depanku. 
                Tangan petani yang berlumpur, 
                tangan nelayan yang bergaram, 
                aku jabat dalam tanganku. 
                Tangan mereka penuh pergulatan 
                Tangan-tangan yang menghasilkan. 
                Tanganku yang gamang 
                tidak memecahkan persoalan. 
                Tangan cukong, 
                tangan pejabat, 
                gemuk, luwes, dan sangat kuat. 
                Tanganku yang gamang dicurigai, 
                disikat. 
                Tanganku mengepal. 
                Ketika terbuka menjadi cakar. 
                Aku meraih ke arah delapan penjuru. 
                Di setiap meja kantor 
                bercokol tentara atau orang tua. 
                Di desa-desa 
                para petani hanya buruh tuan tanah. 
                Di pantai-pantai 
                para nelayan tidak punya kapal. 
                Perdagangan berjalan tanpa swadaya. 
                Politik hanya mengabdi pada cuaca….. 
                Tanganku mengepal. 
                Tetapi tembok batu didepanku. 
                Hidupku tanpa masa depan. 
                Kini aku kantongi tanganku. 
                Aku berjalan mengembara. 
                Aku akan menulis kata-kata kotor 
                di meja rektor
                TIM, 3 Juli 1977 
                Potret Pembangunan dalam Puisi
 

SAJAK WIDURI UNTUK JOKI TOBING
Oleh : 
W.S. Rendra
 
        Debu mengepul mengolah wajah tukang-tukang parkir. 
        Kemarahan mengendon di dalam kalbu purba. 
        Orang-orang miskin menentang kemelaratan. 
        Wahai, Joki Tobing, kuseru kamu, 
        kerna wajahmu muncul dalam mimpiku. 
        Wahai, Joki Tobing, kuseru kamu 
        karena terlibat aku di dalam napasmu. 
        Dari bis kota ke bis kota 
        kamu memburuku. 
        Kita duduk bersandingan, 
        menyaksikan hidup yang kumal. 
        Dan perlahan tersirap darah kita, 
        melihat sekuntum bunga telah mekar, 
        dari puingan masa yang putus asa.
        Nusantara Film, Jakarta, 9 Mei 1977 
        Potret Pembangunan dalam Puisi

TAHANAN 
Oleh : 
W.S. Rendra

                  Atas ranjang batu 
                  tubuhnya panjang 
                  bukit barisan tanpa bulan 
                  kabur dan liat 
                  dengan mata sepikan terali 
                  Di lorong-lorong 
                  jantung matanya 
                  para pemuda bertangan merah 
                  serdadu-serdadu Belanda rebah 
                  Di mulutnya menetes 
                  lewat mimpi 
                  darah di cawan tembikar 
                  dijelmakan satu senyum 
                  barat  di perut gunung 
                  (Para pemuda bertangan merah 
                  adik lelaki neruskan dendam) 
                  Dini hari bernyanyi 
                  di luar dirinya 
                  Anak lonceng 
                  menggeliat enam kali 
                  di perut ibunya 
                  Mendadak 
                  dipejamkan matanya 
                  Sipir memutar kunci selnya 
                  dan berkata 
                  -He, pemberontak 
                  hari yang berikut bukan milikmu ! 
                  Diseret di muka peleton algojo 
                  ia meludah 
                  tapi tak dikatakannya 
                  -Semalam kucicip sudah 
                  betapa lezatnya madu darah. 
                  Dan tak pernah didengarnya 
                  enam pucuk senapan 
                  meletus bersama 
                                                      Kisah 
                                                      Th VI, No 11 
                                                      Nopember 1956
 
---------------------------- 
Rumpun Alang-alang 
Engkaulah perempuan terkasih, yang sejenak kulupakan, sayang 
Kerna dalam sepi yang jahat tumbuh alang-alang di hatiku yang malang 
Di hatiku alang-alang menancapkan akar-akarnya yang gatal 
Serumpun alang-alang gelap, lembut dan nakal 
Gelap dan bergoyang ia 
dan ia pun berbunga dosa 
Engkau tetap yang punya 
tapi alang-alang tumbuh di dada
Surat Cinta 
Kutulis surat ini 
kala hujan gerimis bagai bunyi tambur yang gaib, 
Dan angin mendesah 
mengeluh dan mendesah, 
Wahai, dik Narti, 
aku cinta kepadamu ! 
Kutulis surat ini 
kala langit menangis 
dan dua ekor belibis 
bercintaan dalam kolam 
bagai dua anak nakal 
jenaka dan manis 
mengibaskan ekor 
serta menggetarkan bulu-bulunya, 
Wahai, dik Narti, 
kupinang kau menjadi istriku ! 
Kaki-kaki hujan yang runcing 
menyentuhkan ujungnya di bumi, 
Kaki-kaki cinta yang tegas 
bagai logam berat gemerlapan 
menempuh ke muka 
dan tak kan kunjung diundurkan. 
Selusin malaikat 
telah turun 
di kala hujan gerimis 
Di muka kaca jendela 
mereka berkaca dan mencuci rambutnya 
untuk ke pesta. 
Wahai, dik Narti 
dengan pakaian pengantin yang anggun 
bunga-bunga serta keris keramat 
aku ingin membimbingmu ke altar 
untuk dikawinkan 
Aku melamarmu, 
Kau tahu dari dulu : 
tiada lebih buruk 
dan tiada lebih baik 
dari yang lain ...... 
penyair dari kehidupan sehari-hari, 
orang yang bermula dari kata 
kata yang bermula dari 
kehidupan, pikir dan rasa. 
Semangat kehidupan yang kuat 
bagai berjuta-juta jarum alit 
menusuki kulit langit : 
kantong rejeki dan restu wingit 
Lalu tumpahlah gerimis 
Angin dan cinta 
mendesah dalam gerimis. 
Semangat cintaku yang kuta 
batgai seribu tangan gaib 
menyebarkan seribu jaring 
menyergap hatimu 
yang selalu tersenyum padaku. 
Engkau adalah putri duyung 
tawananku 
Putri duyung dengan 
suara merdu lembut 
bagai angin laut, 
mendesahlah bagiku ! 
Angin mendesah 
selalu mendesah 
dengan ratapnya yang merdu. 
Engkau adalah putri duyung 
tergolek lemas 
mengejap-ngejapkan matanya yang indah 
dalam jaringku 
Wahai, putri duyung, 
aku menjaringmu 
aku melamarmu 
Kutulis surat ini 
kala hujan gerimis 
kerna langit 
gadis manja dan manis 
menangis minta mainan. 
Dua anak lelaki nakal 
bersenda gurau dalam selokan 
dan langit iri melihatnya 
Wahai, Dik Narti 
kuingin dikau 
menjadi ibu anak-anakku !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar