Rabu, 04 Desember 2013

Puisi-Puisi W.S. Rendra



AKU TULIS PAMPLET INI
Oleh : 
W.S. Rendra
 
        Aku tulis pamplet ini 
        karena lembaga pendapat umum 
        ditutupi jaring labah-labah 
        Orang-orang bicara dalam kasak-kusuk, 
        dan ungkapan diri ditekan 
        menjadi peng - iya - an 
        Apa yang terpegang hari ini 
        bisa luput besok pagi 
        Ketidakpastian merajalela. 
        Di luar kekuasaan kehidupan menjadi teka-teki 
        menjadi marabahaya 
        menjadi isi kebon binatang 
        Apabila kritik hanya boleh lewat saluran resmi, 
        maka hidup akan menjadi sayur tanpa garam 
        Lembaga pendapat umum tidak mengandung pertanyaan. 
        Tidak mengandung perdebatan 
        Dan akhirnya menjadi monopoli kekuasaan 
        Aku tulis pamplet ini 
        karena pamplet bukan tabu bagi penyair 
        Aku inginkan merpati pos. 
        Aku ingin memainkan bendera-bendera semaphore di tanganku 
        Aku ingin membuat isyarat asap kaum Indian. 
        Aku tidak melihat alasan 
        kenapa harus diam tertekan dan termangu. 
        Aku ingin secara wajar kita bertukar kabar. 
        Duduk berdebat menyatakan setuju dan tidak setuju. 
        Kenapa ketakutan menjadi tabir pikiran ? 
        Kekhawatiran telah mencemarkan kehidupan. 
        Ketegangan telah mengganti pergaulan pikiran yang merdeka. 
        Matahari menyinari airmata yang berderai menjadi api. 
        Rembulan memberi mimpi pada dendam. 
        Gelombang angin menyingkapkan keluh kesah 
              yang teronggok bagai  sampah 
              Kegamangan. Kecurigaan. 
              Ketakutan. 
              Kelesuan. 
        Aku tulis pamplet ini 
        karena kawan dan lawan adalah saudara 
        Di dalam alam masih ada cahaya. 
        Matahari yang tenggelam diganti rembulan. 
        Lalu besok pagi pasti terbit kembali. 
        Dan di dalam air lumpur kehidupan, 
        aku melihat bagai terkaca : 
        ternyata kita, toh, manusia ! 
        Pejambon Jakarta 27 April 1978 
        Potret Pembangunan dalam Puisi
 
DOA SEORANG SERDADU SEBELUM BERPERANG 
Oleh : 
W.S. Rendra

                        Tuhanku, 
                        WajahMu membayang di kota terbakar 
                        dan firmanMu terguris di atas ribuan 
                        kuburan yang dangkal 
                        Anak menangis kehilangan bapa 
                        Tanah sepi kehilangan lelakinya 
                        Bukannya benih yang disebar di bumi subur ini 
                        tapi bangkai dan wajah mati yang sia-sia 
                        Apabila malam turun nanti 
                        sempurnalah sudah warna dosa 
                        dan mesiu kembali lagi bicara 
                        Waktu itu, Tuhanku, 
                        perkenankan aku membunuh 
                        perkenankan aku menusukkan sangkurku 
                        Malam dan wajahku 
                        adalah satu warna 
                        Dosa dan nafasku 
                        adalah satu udara. 
                        Tak ada lagi pilihan 
                        kecuali menyadari 
                        -biarpun bersama penyesalan- 
                        Apa yang bisa diucapkan 
                        oleh bibirku yang terjajah ? 
                        Sementara kulihat kedua lengaMu yang capai 
                        mendekap bumi yang mengkhianatiMu 
                        Tuhanku 
                        Erat-erat kugenggam senapanku 
                        Perkenankan aku membunuh 
                        Perkenankan aku menusukkan sangkurku 
                                                      Mimbar Indonesia 
                                                      Th. XIV, No. 25 
                                                      18 Juni 1960
 
GERILYA 
Oleh : 
W.S. Rendra

                        Tubuh biru 
                        tatapan mata biru 
                        lelaki berguling di jalan 
                        Angin tergantung 
                        terkecap pahitnya tembakau 
                        bendungan keluh dan bencana 
                        Tubuh biru 
                        tatapan mata biru 
                        lelaki berguling dijalan 
                        Dengan tujuh lubang pelor 
                        diketuk gerbang langit 
                        dan menyala mentari muda 
                        melepas kesumatnya 
                        Gadis berjalan di subuh merah 
                        dengan sayur-mayur di punggung 
                        melihatnya pertama 
                        Ia beri jeritan manis 
                        dan duka daun wortel 
                        Tubuh biru 
                        tatapan mata biru 
                        lelaki berguling dijalan 
                        Orang-orang kampung mengenalnya 
                        anak janda berambut ombak 
                        ditimba air bergantang-gantang 
                        disiram atas tubuhnya 
                        Tubuh biru 
                        tatapan mata biru 
                        lelaki berguling dijalan 
                        Lewat gardu Belanda dengan berani 
                        berlindung warna malam 
                        sendiri masuk kota 
                        ingin ikut ngubur ibunya 
                                                Siasat 
                                                Th IX, No. 42 
                                                1955
 
GUGUR 
Oleh : 
W.S. Rendra
 
                  Ia merangkak 
                  di atas bumi yang dicintainya 
                  Tiada kuasa lagi menegak 
                  Telah ia lepaskan dengan gemilang 
                  pelor terakhir dari bedilnya 
                  Ke dada musuh yang merebut kotanya
                  Ia merangkak 
                  di atas bumi yang dicintainya 
                  Ia sudah tua 
                  luka-luka di badannya
                  Bagai harimau tua 
                  susah payah maut menjeratnya 
                  Matanya bagai saga 
                  menatap musuh pergi dari kotanya
                  Sesudah pertempuran yang gemilang itu 
                  lima pemuda mengangkatnya 
                  di antaranya anaknya 
                  Ia menolak 
                  dan tetap merangkak 
                  menuju kota kesayangannya
                  Ia merangkak 
                  di atas bumi yang dicintainya 
                  Belumlagi selusin tindak 
                  mautpun menghadangnya. 
                  Ketika anaknya memegang tangannya 
                  ia berkata : 
                  " Yang berasal dari tanah 
                  kembali rebah pada tanah. 
                  Dan aku pun berasal dari tanah 
                  tanah Ambarawa yang kucinta 
                  Kita bukanlah anak jadah 
                  Kerna kita punya bumi kecintaan. 
                  Bumi yang menyusui kita 
                  dengan mata airnya. 
                  Bumi kita adalah tempat pautan yang sah. 
                  Bumi kita adalah kehormatan. 
                  Bumi kita adalah juwa dari jiwa. 
                  Ia adalah bumi nenek moyang. 
                  Ia adalah bumi waris yang sekarang. 
                  Ia adalah bumi waris yang akan datang." 
                  Hari pun berangkat malam 
                  Bumi berpeluh dan terbakar 
                  Kerna api menyala di kota Ambarawa
                  Orang tua itu kembali berkata : 
                  "Lihatlah, hari telah fajar ! 
                  Wahai bumi yang indah, 
                  kita akan berpelukan buat selama-lamanya ! 
                  Nanti sekali waktu 
                  seorang cucuku 
                  akan menacapkan bajak 
                  di bumi tempatku berkubur 
                  kemudian akan ditanamnya benih 
                  dan tumbuh dengan subur 
                  Maka ia pun berkata : 
                  -Alangkah gemburnya tanah di sini!" 
                  Hari pun lengkap malam 
                  ketika menutup matanya 

HAI, KAMU !
Oleh : 
W.S. Rendra
 
            Luka-luka di dalam lembaga, 
            intaian keangkuhan kekerdilan jiwa, 
            noda di dalam pergaulan antar manusia, 
            duduk di dalam kemacetan angan-angan. 
            Aku berontak dengan memandang cakrawala. 
            Jari-jari waktu menggamitku. 
            Aku menyimak kepada arus kali. 
            Lagu margasatwa agak mereda. 
            Indahnya ketenangan turun ke hatiku. 
            Lepas sudah himpitan-himpitan yang mengekangku.
            Jakarta, 29 Pebruari 1978 
            Potret Pembangunan dalam Puisi
 
LAGU SEORANG GERILYA 
(Untuk puteraku Isaias Sadewa) 
Oleh : 
W.S. Rendra
 
        Engkau melayang jauh, kekasihku. 
        Engkau mandi cahaya matahari. 
        Aku di sini memandangmu, 
        menyandang senapan, berbendera pusaka. 
        Di antara pohon-pohon pisang di kampung kita yang berdebu, 
        engkau berkudung selendang katun di kepalamu. 
        Engkau menjadi suatu keindahan, 
        sementara dari jauh 
        resimen tank penindas terdengar menderu. 
        Malam bermandi  cahaya matahari, 
        kehijauan menyelimuti medan perang yang membara. 
        Di dalam hujan tembakan mortir, kekasihku, 
        engkau menjadi pelangi yang agung dan syahdu 
        Peluruku habis 
        dan darah muncrat dari dadaku. 
        Maka  di saat seperti itu 
        kamu menyanyikan lagu-lagu perjuangan 
        bersama kakek-kakekku yang telah gugur 
        di dalam berjuang membela rakyat jelata
        Jakarta, 2 september 1977 
        Potret Pembangunan dalam Puisi
 
LAGU SERDADU 
Oleh : 
W.S. Rendra

                  Kami masuk serdadu dan dapat senapang 
                  ibu kami nangis tapi elang toh harus terbang 
                  Yoho, darah kami campur arak! 
                  Yoho, mimpi kami patung-patung dari perak 
                  Nenek cerita pulau-pulau kita indah sekali 
                  Wahai, tanah yang baik untuk mati 
                  Dan kalau ku telentang dengan pelor timah 
                  cukilah ia bagi puteraku di rumah 
                                                      Siasat 
                                                      No.  630, th. 13 
                                                      Nopember 1959
 

MAZMUR MAWAR 
Kita muliakan Nama Tuhan 
Kita muliakan dengan segenap mawar 
Kita muliakan Tuhan yang manis, 
indah, dan penuh kasih sayang 
Tuhan adalah serdadu yang tertembak 
Tuhan berjalan di sepanjang jalan becek 
sebagai orang miskin yang tua dan bijaksana 
dengan baju compang-camping 
membelai kepala kanak-kanak yang lapar. 
Tuhan adalah Bapa yang sakit batuk 
Dengan pandangan arif dan bijak 
membelai kepala para pelacur 
Tuhan berada di gang-gang gelap 
Bersama para pencuri, para perampok 
dan para pembunuh 
Tuhan adalah teman sekamar para penjinah 
Raja dari segala raja 
adalah cacing bagi bebek dan babi 
Wajah Tuhan yang manis adalah meja pejudian 
yang berdebu dan dibantingi kartu-kartu 
Dan sekarang saya lihat 
Tuhan sebagai orang tua renta 
tidur melengkung di trotoar 
batuk-batuk karena malam yang dingin 
dan tangannya menekan perutnya yang lapar 
Tuhan telah terserang lapar, batuk, dan selesma, 
menangis di tepi jalan. 
Wahai, ia adalah teman kita yang akrab! 
Ia adalah teman kita semua: para musuh polisi, 
Para perampok, pembunuh, penjudi, 
pelacur, penganggur, dan peminta-minta 
Marilah kita datang kepada-Nya 
kita tolong teman kita yang tua dan baik hati. 
Dikutip dari: 
Sajak-sajak Sepatu Tua 
Rendra 
Pustaka Jaya 

NOTA BENE : AKU KANGEN
Oleh : 
W.S. Rendra
 
Lunglai - ganas karena bahagia dan sedih, 
indah dan gigih cinta kita di dunia yang fana. 
Nyawamu dan nyawaku dijodohkan langit, 
dan anak kita akan lahir di cakrawala. 
Ada pun mata kita akan terus bertatapan hingga berabad-abad lamanya. 
Juwitaku yang cakap meskipun tanpa dandanan 
untukmu hidupku terbuka. 
Warna-warna kehidupan berpendar-pendar menakjubkan 
Isyarat-isyarat getaran ajaib menggerakkan penaku. 
Tanpa sekejap pun luput dari kenangan padamu 
aku bergerak menulis pamplet, mempertahankan kehidupan.
            Jakarta, Kotabumi, 24 Maret 1978 
            Potret Pembangunan dalam Puisi
 
ORANG-ORANG MISKIN
Oleh : 
W.S. Rendra 

        Orang-orang miskin di jalan, 
        yang tinggal di dalam selokan, 
        yang kalah di dalam pergulatan, 
        yang diledek oleh impian, 
        janganlah mereka ditinggalkan. 
        Angin membawa bau baju mereka. 
        Rambut mereka melekat di bulan purnama. 
        Wanita-wanita bunting berbaris di cakrawala, 
        mengandung buah jalan raya. 
        Orang-orang miskin. Orang-orang berdosa. 
        Bayi gelap dalam batin. Rumput dan lumut jalan raya. 
        Tak bisa kamu abaikan. 
        Bila kamu remehkan mereka, 
        di jalan  kamu akan diburu bayangan. 
        Tidurmu akan penuh igauan, 
        dan bahasa anak-anakmu sukar kamu terka. 
        Jangan kamu bilang negara ini kaya 
        karena orang-orang berkembang di kota dan di desa. 
        Jangan kamu bilang dirimu kaya 
        bila tetanggamu memakan bangkai kucingnya. 
        Lambang negara ini mestinya trompah dan blacu. 
        Dan perlu diusulkan 
        agar ketemu presiden tak perlu berdasi seperti Belanda. 
        Dan tentara di jalan jangan bebas memukul mahasiswa. 
        Orang-orang miskin di jalan 
        masuk ke dalam tidur malammu. 
        Perempuan-perempuan bunga raya 
        menyuapi putra-putramu. 
        Tangan-tangan kotor dari jalanan 
        meraba-raba kaca jendelamu. 
        Mereka tak bisa kamu biarkan. 
        Jumlah mereka tak bisa kamu mistik menjadi nol. 
        Mereka akan menjadi pertanyaan 
        yang mencegat ideologimu. 
        Gigi mereka yang kuning 
        akan meringis di muka agamamu. 
        Kuman-kuman sipilis dan tbc dari gang-gang gelap 
        akan hinggap di gorden presidenan 
        dan buku programma gedung kesenian. 
        Orang-orang miskin berbaris sepanjang sejarah, 
        bagai udara panas yang selalu ada, 
        bagai gerimis yang selalu membayang. 
        Orang-orang miskin mengangkat pisau-pisau 
        tertuju ke dada kita, 
        atau ke dada mereka sendiri. 
        O, kenangkanlah : 
        orang-orang miskin 
        juga berasal dari kemah Ibrahim
                    Yogya, 4 Pebruari 1978 
                    Potret Pembangunan dalam Puisi
 

PAMPLET CINTA
Oleh : 
W.S. Rendra
 
    Ma, nyamperin matahari dari satu sisi. 
    Memandang wajahmu dari segenap jurusan. 
    Aku menyaksikan zaman berjalan kalangkabutan. 
    Aku melihat waktu melaju melanda masyarakatku. 
    Aku merindukan wajahmu, 
    dan aku melihat wajah-wajah berdarah para mahasiswa. 
    Kampus telah diserbu mobil berlapis baja. 
    Kata-kata telah dilawan dengan senjata. 
    Aku muak dengan gaya keamanan semacam ini. 
    Kenapa keamanan justru menciptakan ketakutan dan ketegangan 
    Sumber keamanan seharusnya hukum dan akal sehat. 
    Keamanan yang berdasarkan senjata dan kekuasaan adalah penindasan 
    Suatu malam aku mandi di lautan. 
    Sepi menjdai kaca. 
    Bunga-bunga yang ajaib bermekaran di langit. 
    Aku inginkan kamu, tapi kamu tidak ada. 
    Sepi menjadi kaca. 
    Apa yang bisa dilakukan oleh penyair 
    bila setiap kata telah dilawan dengan kekuasaan ? 
    Udara penuh rasa curiga. 
    Tegur sapa tanpa jaminan. 
    Air lautan berkilat-kilat. 
    Suara lautan adalah suara kesepian. 
    Dan lalu muncul wajahmu. 
    Kamu menjadi makna 
    Makna menjadi harapan. 
    ……. Sebenarnya apakah harapan ? 
    Harapan adalah karena aku akan membelai rambutmu. 
    Harapan adalah karena aku akan tetap menulis sajak. 
    Harapan adalah karena aku akan melakukan sesuatu. 
    Aku tertawa, Ma ! 
    Angin menyapu rambutku. 
    Aku terkenang kepada apa yang telah terjadi. 
    Sepuluh tahun aku berjalan tanpa tidur. 
    Pantatku karatan aku seret dari warung ke warung. 
    Perutku sobek di jalan raya yang lengang……. 
    Tidak. Aku tidak sedih dan kesepian. 
    Aku menulis sajak di bordes kereta api. 
    Aku bertualang di dalam udara yang berdebu. 
    Dengan berteman anjing-anjing geladak dan kucing-kucing liar, 
    aku bernyanyi menikmati hidup yang kelabu. 
    Lalu muncullah kamu, 
    nongol dari perut matahari bunting, 
    jam duabelas seperempat siang. 
    Aku terkesima. 
    Aku disergap kejadian tak terduga. 
    Rahmat turun bagai hujan 
    membuatku segar, 
    tapi juga menggigil bertanya-tanya. 
    Aku jadi bego, Ma ! 
    Yaaah , Ma, mencintai kamu adalah bahagia dan sedih. 
    Bahagia karena mempunyai kamu di dalam kalbuku, 
    dan sedih karena kita sering berpisah. 
    Ketegangan menjadi pupuk cinta kita. 
    Tetapi bukankah kehidupan sendiri adalah bahagia dan sedih ? 
    Bahagia karena  napas mengalir dan jantung berdetak. 
    Sedih karena pikiran diliputi bayang-bayang. 
    Adapun harapan adalah penghayatan akan ketegangan. 
    Ma, nyamperin matahari dari satu sisi, 
    memandang wajahmu dari segenap jurusan.
                Pejambon, Jakarta, 28 April 1978 
                Potret Pembangunan dalam Puisi


SAJAK ANAK MUDA
Oleh : 
W.S. Rendra
 
        Kita adalah angkatan gagap 
        yang diperanakkan oleh angkatan takabur. 
        Kita kurang pendidikan resmi 
        di dalam hal keadilan, 
        karena tidak diajarkan berpolitik, 
        dan tidak diajar dasar ilmu hukum 
        Kita melihat kabur pribadi orang, 
        karena tidak diajarkan kebatinan atau ilmu jiwa. 
        Kita tidak mengerti uraian pikiran lurus, 
        karena tidak diajar filsafat atau logika. 
        Apakah kita tidak dimaksud 
        untuk mengerti itu semua ? 
        Apakah kita hanya dipersiapkan 
        untuk menjadi alat saja ? 
        inilah gambaran rata-rata 
        pemuda tamatan SLA, 
        pemuda menjelang dewasa. 
        Dasar pendidikan kita adalah kepatuhan. 
        Bukan pertukaran pikiran. 
        Ilmu sekolah adalah ilmu hafalan, 
        dan bukan ilmu latihan menguraikan. 
        Dasar keadilan di dalam pergaulan, 
        serta pengetahuan akan kelakuan manusia, 
        sebagai kelompok atau sebagai pribadi, 
        tidak dianggap sebagai ilmu yang perlu dikaji dan diuji. 
        Kenyataan di dunia menjadi remang-remang. 
        Gejala-gejala yang muncul lalu lalang, 
        tidak bisa kita hubung-hubungkan. 
        Kita marah pada diri sendiri 
        Kita sebal terhadap masa depan. 
        Lalu akhirnya, 
        menikmati masa bodoh dan santai. 
        Di dalam kegagapan, 
        kita hanya bisa membeli dan memakai 
        tanpa bisa mencipta. 
        Kita tidak bisa memimpin, 
        tetapi hanya bisa berkuasa, 
        persis seperti bapak-bapak kita. 
        Pendidikan negeri ini berkiblat ke Barat. 
        Di sana anak-anak memang disiapkan 
        Untuk menjadi alat dari industri. 
        Dan industri mereka berjalan tanpa berhenti. 
        Tetapi kita dipersiapkan menjadi alat apa ? 
        Kita hanya menjadi alat birokrasi ! 
        Dan birokrasi menjadi berlebihan 
        tanpa kegunaan - 
        menjadi benalu di dahan. 
        Gelap. Pandanganku gelap. 
        Pendidikan tidak memberi pencerahan. 
        Latihan-latihan tidak memberi pekerjaan 
        Gelap. Keluh kesahku gelap. 
        Orang yang hidup di dalam pengangguran. 
        Apakah yang terjadi di sekitarku ini ? 
        Karena tidak bisa kita tafsirkan, 
        lebih enak kita lari ke dalam puisi ganja. 
        Apakah artinya tanda-tanda yang rumit ini ? 
        Apakah ini ? Apakah ini ? 
        Ah, di dalam kemabukan, 
        wajah berdarah 
        akan terlihat sebagai bulan. 
        Mengapa harus kita terima hidup begini ? 
        Seseorang berhak diberi ijazah dokter, 
        dianggap sebagai orang terpelajar, 
        tanpa diuji pengetahuannya akan keadilan. 
        Dan bila ada ada tirani merajalela, 
        ia diam tidak bicara, 
        kerjanya cuma menyuntik saja. 
        Bagaimana ? Apakah kita akan terus diam saja. 
        Mahasiswa-mahasiswa ilmu hukum 
        dianggap sebagi bendera-bendera upacara, 
        sementara hukum dikhianati berulang kali. 
        Mahasiswa-mahasiswa ilmu ekonomi 
        dianggap bunga plastik, 
        sementara ada kebangkrutan dan banyak korupsi. 
        Kita berada di dalam pusaran tatawarna 
        yang ajaib dan tidak terbaca. 
        Kita berada di dalam penjara kabut yang memabukkan. 
        Tangan kita menggapai untuk mencari pegangan. 
        Dan bila luput, 
        kita memukul dan mencakar 
        ke arah udara 
        Kita adalah angkatan gagap. 
        Yang diperanakan  oleh angkatan kurangajar. 
        Daya hidup telah diganti oleh nafsu. 
        Pencerahan telah diganti oleh pembatasan. 
        Kita adalah angkatan yang berbahaya. 
            Pejambon, Jakarta, 23 Juni 1977 
            Potret Pembangunan dalam Puisi
 
SAJAK BULAN MEI 1998 DI INDONESIA 
OLEH : 
W.S. RENDRA
 
Aku tulis sajak ini di bulan gelap raja-raja. 
Bangkai-bangkai tergeletak lengket di aspal jalan. 
Amarah merajalela tanpa alamat. 
Ketakutan muncul dari sampah kehidupan. 
Pikiran kusut membentuk simpul-simpul sejarah. 
O, jaman edan ! 
O, malam kelam pikiran insan ! 
Koyak-moyak sudah keteduhan tenda kepercayaan. 
Kitab undang-undang tergeletak di selokan 
Kepastian hidup terhuyung-huyung dalam comberan. 
O, tatawarna fatamorgana kekuasaan ! 
O, sihir berkilauan dari mahkota raja-raja ! 
Dari sejak jaman Ibrahim dan Musa 
Allah selalu mengingatkan 
bahwa hukum harus lebih tinggi 
dari keinginan para politisi, raja-raja, dan tentara. 
O, kebingungan yang muncul dari kabut ketakutan ! 
O, rasa putus asa yang terbentur sangkur ! 
Berhentilah mencari ratu adil ! 
Ratu adil itu tidak ada. Ratu adil itu tipu daya ! 
Apa yang harus kita tegakkan bersama 
adalah Hukum Adil. 
Hukum Adil adalah bintang pedoman di dalam prahara. 
Bau anyir darah yag kini memenuhi udara 
menjadi saksi yang akan berkata : 
Apabila pemerintah sudah menjarah Daulat Rakyat, 
apabila cukong-cukong sudah menjarah ekonomi bangsa, 
apabila aparat keamanan sudah menjarah keamanan, 
maka rakyat yang tertekan akan mencontoh penguasa, 
lalu menjadi penjarah di pasar dan jalan raya. 
Wahai, penguasa dunia yang fana ! 
Wahai, jiwa yang tertenung sihir tahta ! 
Apakah masih buta dan tuli di dalam hati ? 
Apakah masih akan menipu diri sendiri ? 
Apabila saran akal sehat kamu remehkan 
berarti pintu untuk pikiran-pikiran gelap 
yang akan muncul dari sudut-sudut gelap 
telah kamu bukakan ! 
Cadar kabut duka cita menutup wajah Ibu Pertiwi 
Airmata mengalir dari sajakku ini. 
Catatan : 
Sajak ini dibuat di Jakarta pada 17 Mei 1998 dan dibacakan Rendra di DPR
 
SAJAK BULAN PURNAMA
Oleh : 
W.S. Rendra
 
                Bulan terbit dari lautan. 
                Rambutnya yang tergerai ia kibaskan. 
                Dan menjelang malam, 
                wajahnya yang bundar, 
                menyinari gubug-gubug kaum gelandangan 
                kota Jakarta. 
                Langit sangat cerah. 
                Para pencuri bermain gitar. 
                dan kaum pelacur naik penghasilannya. 
                Malam yang permai 
                anugerah bagi sopir taksi. 
                Pertanda nasib baik 
                bagi tukang kopi di kaki lima. 
                Bulan purnama duduk di sanggul babu. 
                Dan cahayanya yang kemilau 
                membuat tuannya gemetaran. 
                “kemari, kamu !” kata tuannya 
                “Tidak, tuan, aku takut nyonya !” 
                Karena sudah penasaran, 
                oleh cahaya rembulan, 
                maka tuannya bertindak masuk dapur 
                dan langsung menerkamnya 
                Bulan purnama raya masuk ke perut babu. 
                Lalu naik ke ubun-ubun 
                menjadi mimpi yang gemilang. 
                Menjelang pukul dua, 
                rembulan turun di jalan raya, 
                dengan rok satin putih, 
                dan parfum yang tajam baunya. 
                Ia disambar petugas keamanan, 
                lalu disuguhkan pada tamu negara 
                yang haus akan hiburan.
                Yogya, 22 Oktober 1976 
                Potret Pembangunan dalam Puisi
 
SAJAK BURUNG-BURUNG KONDOR
Oleh : 
W.S. Rendra
 
        Angin gunung turun merembes ke hutan, 
        lalu bertiup di atas permukaan kali yang luas, 
        dan akhirnya berumah di daun-daun tembakau. 
        Kemudian hatinya pilu 
        melihat jejak-jejak sedih para petani - buruh 
        yang terpacak di atas tanah gembur 
        namun tidak memberi kemakmuran bagi penduduknya. 
        Para tani - buruh bekerja, 
        berumah di gubug-gubug tanpa jendela, 
        menanam bibit di tanah yang subur, 
        memanen hasil yang berlimpah dan makmur 
        namun hidup mereka sendiri sengsara. 
        Mereka memanen untuk tuan tanah 
        yang mempunyai istana indah. 
        Keringat mereka menjadi emas 
        yang diambil oleh cukong-cukong pabrik cerutu di Eropa. 
        Dan bila mereka menuntut perataan pendapatan, 
        para ahli ekonomi membetulkan letak dasi, 
        dan menjawab dengan mengirim kondom. 
        Penderitaan mengalir 
        dari parit-parit wajah rakyatku. 
        Dari pagi sampai sore, 
        rakyat negeriku bergerak dengan lunglai, 
        menggapai-gapai, 
        menoleh ke kiri, menoleh ke kanan, 
        di dalam usaha tak menentu. 
        Di hari senja mereka menjadi onggokan sampah, 
        dan di malam hari mereka terpelanting ke lantai, 
        dan sukmanya berubah menjadi burung kondor. 
        Beribu-ribu burung kondor, 
        berjuta-juta burung kondor, 
        bergerak menuju ke gunung tinggi, 
        dan disana mendapat hiburan dari sepi. 
        Karena hanya sepi 
        mampu menghisap dendam dan sakit hati.
        Burung-burung kondor menjerit. 
        Di dalam marah menjerit, 
        bergema di tempat-tempat yang sepi. 
        Burung-burung kondor menjerit 
        di batu-batu gunung menjerit 
        bergema di tempat-tempat yang sepi 
        Berjuta-juta burung kondor mencakar batu-batu, 
        mematuki batu-batu, mematuki udara, 
        dan di kota orang-orang  bersiap menembaknya.
        Yogya, 1973 
        Potret Pembangunan dalam Puisi
 
SAJAK GADIS DAN MAJIKAN
Oleh : 
W.S. Rendra
 
            Janganlah tuan seenaknya memelukku. 
            Ke mana arahnya, sudah cukup aku tahu. 
            Aku  bukan ahli ilmu menduga, 
            tetapi jelas sudah kutahu 
            pelukan ini apa artinya….. 
            Siallah pendidikan yang aku terima. 
            Diajar aku berhitung, mengetik, bahasa asing, 
            kerapian, dan tatacara, 
            Tetapi lupa diajarkan : 
            bila dipeluk majikan dari belakang, 
            lalu sikapku bagaimana ! 
            Janganlah tuan seenaknya memelukku. 
            Sedangkan pacarku tak berani selangsung itu. 
            Apakah tujuan tuan, sudah cukup aku tahu, 
            Ketika tuan siku teteku, 
            sudah kutahu apa artinya…… 
            Mereka ajarkan aku membenci dosa 
            tetapi lupa mereka ajarkan 
            bagaimana mencari kerja. 
            Mereka ajarkan aku gaya hidup 
            yang peralatannya tidak berasal dari lingkungan. 
            Diajarkan aku membutuhkan 
            peralatan yang dihasilkan majikan, 
            dan dikuasai para majikan. 
            Alat-alat rias, mesin pendingin, 
            vitamin sintetis, tonikum, 
            segala macam soda, dan ijazah sekolah. 
            Pendidikan membuatku terikat 
            pada pasar mereka, pada modal mereka. 
            Dan kini, setelah aku dewasa. 
            Kemana lagi aku ‘kan lari, 
            bila tidak ke dunia majikan ? 
            Jangnlah tuan seenaknya memelukku. 
            Aku bukan cendekiawan 
            tetapi aku cukup tahu 
            semua kerja di mejaku 
            akan ke sana arahnya. 
            Jangan tuan, jangan ! 
            Jangan seenaknya memelukku. 
            Ah, Wah . 
            Uang yang tuan selipkan ke behaku 
            adalah ijazah pendidikanku 
            Ah, Ya. 
            Begitulah. 
            Dengan yakin tuan memelukku. 
            Perut tuan yang buncit 
            menekan perutku. 
            Mulut tuan yang buruk 
            mencium mulutku. 
            Sebagai suatu kewajaran 
            semuanya tuan lakukan. 
            Seluruh anggota masyarakat membantu tuan. 
            Mereka pegang kedua kakiku. 
            Mereka tarik pahaku mengangkang. 
            Sementara tuan naik ke atas tubuhku.
            Yogya, 10 Juli 1975 
            Potret Pembangunan dalam Puisi
 
SAJAK JOKI TOBING UNTUK WIDURI
Oleh : 
W.S. Rendra
 
            Dengan latar belakang gubug-gubug karton, 
            aku terkenang akan wajahmu. 
            Di atas debu kemiskinan, 
            aku berdiri menghadapmu. 
            Usaplah wajahku, Widuri. 
            Mimpi remajaku gugur 
            di atas padang pengangguran. 
            Ciliwung keruh, 
            wajah-wajah nelayan keruh, 
            lalu muncullah rambutmu yang berkibaran 
            Kemiskinan dan kelaparan, 
            membangkitkan keangkuhanku. 
            Wajah indah dan rambutmu 
            menjadi pelangi di cakrawalaku.
            Nusantara Film, Jakarta, 9 Mei 1977 
            Potret Pembangunan dalam Puisi
 
SAJAK KENALAN LAMAMU
Oleh : 
W.S. Rendra
 
    Kini kita saling berpandangan saudara. 
    Ragu-ragu apa pula, 
    kita memang pernah berjumpa. 
    Sambil berdiri di ambang pintu kereta api, 
    tergencet oleh penumpang berjubel, 
    Dari Yogya ke Jakarta, 
    aku melihat kamu tidur di kolong bangku, 
    dengan alas kertas koran, 
    sambil memeluk satu anakmu, 
    sementara istrimu meneteki bayinya, 
    terbaring di sebelahmu. 
    Pernah pula kita satu truk, 
    duduk di atas kobis-kobis berbau sampah, 
    sambil meremasi tetek tengkulak sayur, 
    dan lalu sama-sama kaget, 
    ketika truk tiba-tiba terhenti 
    kerna distop oleh polisi, 
    yang menarik pungutan tidak resmi. 
    Ya, saudara, kita sudah sering berjumpa, 
    kerna sama-sama anak jalan raya. 
    …………………............ 
    Hidup macam apa ini ! 
    Orang-orang dipindah kesana ke mari. 
    Bukan dari tujuan ke tujuan. 
    Tapi dari keadaan ke keadaan yang tanpa perubahan. 
    …………............. 
    Kini kita bersandingan, saudara. 
    Kamu kenal bau bajuku. 
    Jangan kamu ragu-ragu, 
    kita memang pernah bertemu. 
    Waktu itu hujan rinai. 
    Aku menarik sehelai plastik dari tong sampah 
    tepat pada waktu kamu juga menariknya. 
    Kita saling berpandangan. 
    Kamu menggendong anak kecil di punggungmu. 
    Aku membuka mulut, 
    hendak berkata sesuatu…… 
    Tak sempat ! 
    Lebih dulu tinjumu melayang ke daguku….. 
    Dalam pandangan mata berkunang-kunang, 
    aku melihat kamu 
    membawa helaian plastik itu 
    ke satu gubuk karton. 
    Kamu lapiskan ke atap gubugmu, 
    dan lalu kamu masuk dengan anakmu….. 
    Sebungkus nasi yang dicuri, 
    itulah santapan. 
    Kolong kios buku di terminal 
    itulah peraduan. 
    Ya, saudara-saudara, kita sama-sama kenal ini, 
    karena kita anak jadah bangsa yang mulia. 
    ………….......... 
    Hidup macam apa hidup ini. 
    Di taman yang gelap orang menjual badan, 
    agar mulutnya tersumpal makan. 
    Di hotel yang mewah istri guru menjual badan 
    agar pantatnya diganjal sedan. 
    ……........... 
    Duabelas pasang payudara gemerlapan, 
    bertatahkan intan permata di sekitar putingnya. 
    Dan di bawah semuanya, 
    celana dalam sutera warna kesumba. 
    Ya, saudara, 
    Kita sama-sama tertawa mengenang ini semua. 
    Ragu-ragu apa pula 
    kita memang pernah berjumpa. 
    Kita telah menyaksikan, 
    betapa para pembesar 
    menjilati selangkang wanita, 
    sambil kepalanya diguyur anggur. 
    Ya, kita sama-sama germo, 
    yang menjahitkan jas di Singapura 
    mencat rambut di pangkuan bintang film, 
    main golf, main mahyong, 
    dan makan kepiting saus tiram di restoran terhormat. 
    ……..... 
    Hidup dalam khayalan, 
    hidup dalam kenyataan…… 
    tak ada bedanya. 
    Kerna khayalan dinyatakan, 
    dan kenyataan dikhayalkan, 
    di dalam peradaban fatamorgana. 
    ………. 
    Ayo, jangan lagi sangsi, 
    kamu kenal suara batukku. 
    Kamu lihat lagi gayaku meludah di trotoar. 
    Ya, memang aku. Temanmu dulu. 
    Kita telah sama-sama mencuri mobil ayahmu 
    bergiliran meniduri gula-gulanya, 
    dan mengintip ibumu main serong 
    dengan ajudan ayahmu. 
    Kita telah sama-sama beli morphin dari guru kita. 
    Menenggak valium yang disediakan oleh dokter untuk ibumu, 
    dan akhirnya menggeletak di emper tiko, 
    di samping kere di Malioboro. 
    Kita alami semua ini, 
    kerna kita putra-putra dewa di dalam masyarakat kita. 
    …..
    Hidup melayang-layang. 
    Selangit, 
    melayang-layang. 
    Kekuasaan mendukung kita serupa ganja….. 
    meninggi…. Ke awan…… 
    Peraturan dan hukuman, 
    kitalah yang empunya. 
    Kita tulis dengan keringat di ketiak, 
    di atas sol sepatu kita. 
    Kitalah gelandangan kaya, 
    yang perlu meyakinkan diri 
    dengan pembunuhan. 
    …........ 
    Saudara-saudara, kita sekarang berjabatan. 
    Kini kita bertemu lagi. 
    Ya, jangan kamu ragu-ragu, 
    kita memang pernah bertemu. 
    Bukankah tadi telah kamu kenal 
    betapa derap langkahku ? 
    Kita dulu pernah menyetop lalu lintas, 
    membakari mobil-mobil, 
    melambaikan poster-poster, 
    dan berderap maju, berdemonstrasi. 
    Kita telah sama-sama merancang strategi 
    di panti pijit dan restoran. 
    Dengan arloji emas, 
    secara teliti kita susun jadwal waktu. 
    Bergadang, berunding di larut kelam, 
    sambil mendekap hostess di kelab malam. 
    Kerna begitulah gaya pemuda harapan bangsa. 
    Politik adalah cara merampok dunia. 
    Politk adalah cara menggulingkan kekuasaan, 
    untuk menikmati giliran berkuasa. 
    Politik adalah tangga naiknya tingkat kehidupan. 
    dari becak ke taksi, dari taksi ke sedan pribadi 
    lalu ke mobil sport, lalu : helikopter ! 
    Politik adalah festival dan pekan olah raga. 
    Politik adalah wadah kegiatan kesenian. 
    Dan bila ada orang banyak bacot, 
    kita cap ia sok pahlawan. 
    ….......................... 
    Dimanakah kunang-kunag di malam hari ? 
    Dimanakah trompah kayu di muka pintu ? 
    Di hari-hari yang berat, 
    aku cari kacamataku, 
    dan tidak ketemu. 
    ……............ 
    Ya, inilah aku ini ! 
    Jangan lagi sangsi ! 
    Inilah bau ketiakku. 
    Inilah suara batukku. 
    Kamu telah menjamahku, 
    jangan lagi kamu ragau. 
    Kita telah sama-sama berdiri di sini, 
    melihat bianglala berubah menjadi lidah-lidah api, 
    gunung yang kelabu membara, 
    kapal terbang pribadi di antara mega-mega meneteskan air mani 
    di putar blue-film di dalamnya. 
    …………………
    Kekayaan melimpah. 
    Kemiskinan melimpah. 
    Darah melimpah. 
    Ludah menyembur dan melimpah. 
    Waktu melanda dan melimpah. 
    Lalu muncullah banjir suara. 
    Suara-suara di kolong meja. 
    Suara-suara di dalam lacu. 
    Suara-suara di dalam pici. 
    Dan akhirnya 
    dunia terbakar oleh tatawarna, 
    Warna-warna nilon dan plastik. 
    Warna-warna seribu warna. 
    Tidak luntur semuanya. 
    Ya, kita telah sama-sama menjadi saksi 
    dari suatu kejadian, 
    yang kita tidak tahu apa-apa, 
    namun lahir dari perbuatan kita.
                    Yogyakarta, 21 Juni 1977 
                    Potret Pembangunan dalam Puisi
 
SAJAK MATA-MATA
Oleh : 
W.S. Rendra
 
            Ada suara bising di bawah tanah. 
            Ada suara gaduh di atas tanah. 
            Ada ucapan-ucapan kacau di antara rumah-rumah. 
            Ada tangis tak menentu di tengah sawah. 
            Dan, lho, ini di belakang saya 
            ada tentara marah-marah. 
            Apaa saja yang terjadi ? Aku tak tahu. 
            Aku melihat kilatan-kilatan api berkobar. 
            Aku melihat isyarat-isyarat. 
            Semua tidak jelas maknanya. 
            Raut wajah yang sengsara, tak bisa bicara, 
            menggangu pemandanganku. 
            Apa saja yang terjadi ? Aku tak tahu. 
            Pendengaran dan penglihatan 
            menyesakkan perasaan, 
            membuat keresahan - 
            Ini terjadi karena apa-apa yang terjadi 
            terjadi tanpa kutahu telah terjadi. 
            Aku tak tahu. Kamu tak tahu. 
            Tak ada yang tahu. 
            Betapa kita akan tahu, 
            kalau koran-koran ditekan sensor, 
            dan mimbar-mimbar yang bebas telah dikontrol. 
            Koran-koran adalah penerusan mata kita. 
            Kini sudah diganti mata yang resmi. 
            Kita tidak lagi melihat kenyataan yang beragam. 
            Kita hanya diberi gambara model keadaan 
            yang sudah dijahit oleh penjahit resmi. 
            Mata rakyat sudah dicabut. 
            Rakyat meraba-raba di dalam kasak-kusuk. 
            Mata pemerintah juga diancam bencana. 
            Mata pemerintah memakai kacamata hitam. 
            Terasing di belakang meja kekuasaan. 
            Mata pemerintah yang sejati 
            sudah diganti mata-mata. 
            Barisan mata-mata mahal biayanya. 
            Banyak makannya. 
            Sukar diaturnya. 
            Sedangkan laporannya 
            mirp pandangan mata kuda kereta 
            yang dibatasi tudung mata. 
            Dalam pandangan yang kabur, 
            semua orang marah-marah. 
            Rakyat marah, pemerinta marah, 
            semua marah lantara tidak punya mata. 
            Semua mata sudah disabotir. 
            Mata yangbebas beredar hanyalah mata-mata.
            Hospital Rancabadak, Bandung, 28 Januari 1978 
            Potret Pembangunan dalam Puisi
 
SAJAK MATAHARI
Oleh : 
W.S. Rendra
 
            Matahari bangkit dari sanubariku. 
            Menyentuh permukaan samodra raya. 
            Matahari keluar dari mulutku, 
            menjadi pelangi di cakrawala. 
            Wajahmu keluar dari jidatku, 
            wahai kamu, wanita miskin ! 
            kakimu terbenam di dalam lumpur. 
            Kamu harapkan beras seperempat gantang, 
            dan di tengah sawah tuan tanah menanammu ! 
            Satu juta lelaki gundul 
            keluar dari hutan belantara, 
            tubuh mereka terbalut lumpur 
            dan kepala mereka berkilatan 
            memantulkan cahaya matahari. 
            Mata mereka menyala 
            tubuh mereka menjadi bara 
            dan mereka membakar dunia. 
            Matahri adalah cakra jingga 
            yang dilepas tangan Sang Krishna. 
            Ia menjadi rahmat dan kutukanmu, 
            ya, umat manusia !
            Yogya, 5 Maret 1976 
            Potret Pembangunan dalam Puisi
 
SAJAK ORANG KEPANASAN 
Oleh : 
W.S. Rendra
 
Karena kami makan akar 
dan terigu menumpuk di gudangmu 
Karena kami hidup berhimpitan 
dan ruangmu berlebihan 
maka kami bukan sekutu 
Karena kami kucel 
dan kamu gemerlapan 
Karena kami sumpek 
dan kamu mengunci pintu 
maka kami mencurigaimu 
Karena kami telantar dijalan 
dan kamu memiliki semua keteduhan 
Karena kami kebanjiran 
dan kamu berpesta di kapal pesiar 
maka kami tidak menyukaimu 
Karena kami dibungkam 
dan kamu nyerocos bicara 
Karena kami diancam 
dan kamu memaksakan kekuasaan 
maka kami bilang : TIDAK kepadamu 
Karena kami tidak boleh memilih 
dan kamu bebas berencana 
Karena kami semua bersandal 
dan kamu bebas memakai senapan 
Karena kami harus sopan 
dan kamu punya penjara 
maka TIDAK dan TIDAK kepadamu 
Karena kami arus kali 
dan kamu batu tanpa hati 
maka air akan mengikis batu
Suara Merdeka,    Jumat, 15 Mei 1998 

SAJAK PEPERANGAN ABIMANYU 
(Untuk puteraku, Isaias Sadewa)
Oleh : 
W.S. Rendra
 
            Ketika maut mencegatnya di delapan penjuru. 
            Sang ksatria berdiri dengan mata bercahaya. 
            Hatinya damai, 
            di dalam dadanya yang bedah dan berdarah, 
            karena ia telah lunas 
            menjalani kewjiban dan kewajarannya. 
            Setelah ia wafat 
            apakah petani-petani akan tetap menderita, 
            dan para wanita kampung 
            tetap membanjiri rumah pelacuran di kota ? 
            Itulah pertanyaan untuk kita yang hidup. 
            Tetapi bukan itu yang terlintas di kepalanya 
            ketika ia tegak dengan tubuh yang penuh luka-luka. 
            Saat itu ia mendengar 
            nyanyian angin dan air yang turun dari gunung. 
            Perjuangan adalah satu pelaksanaan cita dan rasa. 
            Perjuangan adalah pelunasan kesimpulan penghayatan. 
            Di saat badan berlumur darah, 
            jiwa duduk di atas teratai. 
            Ketika ibu-ibu meratap 
            dan mengurap rambut mereka dengan debu, 
            roh ksatria bersetubuh dengan cakrawala 
            untuk menanam benih 
            agar nanti terlahir para pembela rakyat tertindas 
            - dari zaman ke zaman 
                Jakarta, 2 Sptember 1977 
                Potret Pembangunan dalam Puisi
 
SAJAK PERTEMUAN MAHASISWA
Oleh : 
W.S. Rendra
 
        Matahari terbit pagi ini 
        mencium bau kencing orok di kaki langit, 
        melihat kali coklat menjalar ke lautan, 
        dan mendengar dengung lebah di dalam hutan. 
        Lalu kini ia dua penggalah tingginya. 
        Dan ia menjadi saksi kita berkumpul di sini 
        memeriksa keadaan. 
        Kita bertanya : 
        Kenapa maksud baik tidak selalu berguna. 
        Kenapa maksud baik dan maksud baik bisa berlaga. 
        Orang berkata “ Kami ada maksud baik “ 
        Dan kita bertanya : “ Maksud baik untuk siapa ?” 
        Ya ! Ada yang jaya, ada yang terhina 
        Ada yang bersenjata, ada yang terluka. 
        Ada yang duduk, ada yang diduduki. 
        Ada yang berlimpah, ada yang terkuras. 
        Dan kita di sini bertanya : 
        “Maksud baik saudara untuk siapa ? 
        Saudara berdiri di pihak yang mana ?” 
        Kenapa maksud baik dilakukan 
        tetapi makin banyak petani yang kehilangan tanahnya. 
        Tanah-tanah di gunung telah dimiliki orang-orang kota. 
        Perkebunan yang luas 
        hanya menguntungkan segolongan kecil saja. 
        Alat-alat kemajuan yang diimpor 
        tidak cocok untuk petani yang sempit tanahnya. 
        Tentu kita bertanya : 
        “Lantas maksud baik saudara untuk siapa ?” 
        Sekarang matahari, semakin tinggi. 
        Lalu akan bertahta juga di atas puncak kepala. 
        Dan di dalam udara yang panas kita juga bertanya : 
        Kita ini dididik untuk memihak yang mana ? 
        Ilmu-ilmu yang diajarkan di sini 
        akan menjadi alat pembebasan, 
        ataukah alat penindasan ? 
        Sebentar lagi matahari akan tenggelam. 
        Malam akan tiba. 
        Cicak-cicak berbunyi di tembok. 
        Dan rembulan akan berlayar. 
        Tetapi pertanyaan kita tidak akan mereda. 
        Akan hidup di dalam bermimpi. 
        Akan tumbuh di kebon belakang. 
        Dan esok hari 
        matahari akan terbit kembali. 
        Sementara hari baru menjelma. 
        Pertanyaan-pertanyaan kita menjadi hutan. 
        Atau masuk ke sungai 
        menjadi ombak di samodra. 
        Di bawah matahari ini kita bertanya : 
        Ada yang menangis, ada yang mendera. 
        Ada yang habis, ada yang mengikis. 
        Dan maksud baik kita 
        berdiri di pihak yang mana ! 
        Jakarta 1 Desember 1977 
        Potret Pembangunan dalam Puisi

Sajak ini dipersembahkan kepada para mahasiswa Universitas Indonesia di Jakarta, dan dibacakan di dalam salah satu adegan film “Yang Muda Yang Bercinta”, yang disutradarai oleh Sumandjaja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar